TUGAS SOFTSKILL BAHASA INDONESIA 2

NAMA KELOMPOK :

 

  1. AIRIN AKTE SAVIRA 20210444
  2. DEBBY NUR 21210725
  3. FITRI SABRINA 22210840

 

KELAS : 3EB09

 

TUGAS SOFTSKILL BAHASA INDONESIA 2

 

  1. Beri komentar tentang artikel berikut ini:
    Pemasaran adalah merupakan salah satu kegiatan utama dalam bidang perekonomian, disamping kegiatan produksi dan konsumsi. Konsumsi baru bias terlaksana setelah adanya kegiatan produksi dan pemasaran. Dengan kata lain, produksi dan pemasaran dapat membantu terlaksananya tujuan konsumsi. Pemasaran jika kita lihat berada diantara produksi dan konsumsi, yang berarti bahwa pemasaran menjadi penghubung antara dua faktor tersebut. Dalam kondisi perekonomian sekarang ini, tanpa adanya pemasaran orang sulit mencapai tujuan konsumsi yang memuaskan. Betapapun baiknya produk yang dihasilkan, jika orang lain tidak mengetahuinya, maka produk tersebut sulit akan laku.
    Jelaskan selengkap mungkin apa, kesalahan yang kalian temukan pada artikel di atas!

    Para artikel diatas, kami menemukan beberapa kesalahan diantaranya:

  • Pada paragraf pertama, pada kalimat “pemasaran adalah merupakan” menurut kami kalimat tersebut menggunakan pemborosan kata yang tidak perlu, seharusnya salah satu kata “adalah/merupakan”, bisa di hapus menjadi “pemasaran adalah salah satu…” atau menjadi “pemasaran merupakan salah satu…”
  • Pada kalimat selanjutnya setelah tanda koma (,) penempatan kata “disamping kegiatan produksi..” kurang tepat. menurut kami, penempatan kalimat tersebut lebih tepat ditempatkan diawal sebelum kata “pemasaran”, sehingga awal paragraf menjadi: “Disamping kegiatan produksi dan komsumsi, Pemasaran merupakan salah satu kegiatan utama dalam bidang perekonomian.”
  • Selanjutnya pada kalimat “pemasaran jika kita lihat berada…” seharusnya ditambah tanda baca koma (,) setelah pemasaran menjadi “pemasaran, jika kita lihat berada..” atau juga kalimat “jika kita lihat” bisa di tempatkan diawal sebelum kata pemasaran sehingga kalimatnya menjadi “jika kita lihat, pemasaran berada…”

Komentar:

 

Pemasaran adalah salah satu kegiatan utama dalam bidang perekonomian, disamping kegiatan produksi dan konsumsi. Konsumsi baru bisa terlaksana setelah adanya kegiatan produksi dan pemasaran. Dengan kata lain, produksi dan pemasaran dapat membantu terlaksananya tujuan konsumsi. Pemasaran jika dilihat memang berada diantara produksi dan konsumsi, yang berarti bahwa pemasaran menjadi penghubung antara dua faktor tersebut. Dengan kata lain bila tidak ada pemasaran baik produksi dan konsumsi tak akan bisa sejalan.

Sebagai contohnya bila ingin memproduksi sebuah produk minuman baru yang dimana untuk pertama kali yang dilakukan adalah membuat segmentasi pasar produk tersebut. Seberapa besar masyarakat akan tahu tentang produk ini. Seberapa besar minat masyarakat akan produk ini. Dan terutama dimana kita bisa memperkenalkan produk tersebut agar dikenal luas masyarakat dan sesuai dengan kepuasan masyarakat.

Oleh karena itu tentunya kita perlu memasarkan produk tersebut kepada masyarakat. Baik secara langsung yaitu dengan mendatangi langsung pasar konsumen tersebut atau memperkenalkan produk tersebut melalui media massa maupun media elektronik dimana tujuannya adalah memperluas pasar dengan harapan pemasaran yang nantinya agar menarik perhatian masyarakat tentang produk minuman tersebut dan memberikan kesan baik bagi setiap masyarakat yang mengkonsumsinya.

Itulah sebabnya perlunya pemasaran itu dilakukan. Bila kita memproduksi minuman tersebut dan hanya beberapa konsumen saja yang tahu dan mengkonsumsinya, bagaimana produk minuman tersebut bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal bila tanpa adanya pemasaran produk. Tanpa adanya pemasaran orang sulit mencapai tujuan konsumsi yang memuaskan. Betapapun baiknya produk yang dihasilkan, jika orang lain tidak mengetahuinya, maka produk tersebut sulit akan laku. Maka perlunya pemasaran produk tersebut, agar memperluas daerah jangkauan produk tersebut, agar masyarakat luas mengenal produk minuman yang kita produksi dan tentunya menaruh harapan besar yaitu semakin banyak masyarakat yang mengkonsumsi produk minuman tersebut serta memberikan kesan baik bagi setiap konsumennya dan memperoleh keuntungan maksimal.

Setelah proses produksi berjalan, dilanjutkan dengan proses pemasaran. Baru proses terakhir yaitu proses konsumsi akan sejalan baik dengan proses produksi maupun pemasarannya.

 

(2). Pemukiman kumuh sering diidentikkan dengan kemiskinan, bahkan hasil penelitian Ismail (1991:1) menunjukkan bahwa pertumbuhan pemukiman kumuh berhubungan positif dengan problema kemiskinan penduduk. Semakin banyak penduduk miskin di perkotaan, semakin meningkat jumlah pemukiman (kampong) kumuh. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penduduk pemukiman kumuh merupakan masyarakat miskin. Keterbatasan ekonomi dan keadaan social yang kurang mendukung mengakibatkan lapisan penduduk marjinal DKI Jakarta dengan terpaksa dan atau sengaja bermukim di pemukiman kumuh. Di antara mereka bahkan mendirikan bangunan liar pada lokasi yang tidak diperuntukkan sebagai pemukiman atau pada lahan milik pihak lain. Timbul masalah kesehatan yang mendasar, seperti: masalah air minum, tinja, sampah, sanitasi makanan, serangga dan pencernaan yang disebabkan oleh timbulnya pemukiman kumuh. Permasalahan kesehatan tersebut yang telah menjadi problematika bagi masyarakat maupun aparat pemerintah.
Berdasarkan artikel no 2 susun (1) Rumusan masalah, (2) Tujuan penelitian

Rumusan Masalah

Berdasarkan artikel yang telah diuraikan sebelumnya, terdapat suatu permasalahan yang dianggap penting untuk segera diputuskan :

  • Bagaimana mengatasi pertumbuhan penduduk miskin diperkotaan dengan semakin meningkatnya jumlah pemukiman kumuh?
  • Bagaimana mengatasi keterbatasan ekonomi dan keadaan social yang kurang mendukung sehingga sebagian warga DKI Jakarta terpaksa atau sengaja bermukim di pemukiman kumuh?
  • Bagaimana peranan pemerintah dan kita selaku masyarakat mengatasi permasalahan yang timbul akibat pendirian bangunan liar khususnya terhadap masalah kesehatan?

 

Tujuan Penelitian

  • Untuk mengetahui seberapa banyak warga DKI Jakarta yang tergolong penduduk miskin dengan pemukiman yang kumuh.
  • Untuk mengetahui bahwa keterbatasan ekonomi dan keadaan sosial adalah faktor utama sebagian warga DKI Jakarta bermukim dipemukiman kumuh.
  • Untuk mengetahui dari sebagian warga DKI Jakarta yang ditinggal dipemukiman kumuh juga mendirikan bangunan liar pada lokasi yang tidak diperuntukkan sebagai pemukiman atau pada lahan milik pihak lain.
  • Untuk mengetahui dampaknya membangun bangunan liar khususnya terhadap masalah kesehatan.
  • Untuk mengetahui seberapa besar peranan pemerintah dan kita selaku warga DKI jakarta terhadap permasalahan kesehatan tersebut yang telah menjadi problematika.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s