PERMASALAHAN SERIKAT KERJA MASA KINI

Tenaga kerja adalah laki-laki atau wanita yang sedang dalam dan atau akan melakukan pekerjaan, baik di dalam maupun diluar hubungan kerja guna menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pekerja adalah tenaga kerja yang bekerja didalam hubungan kerjasama pada pengusaha dengan menerima upah. Sementara Serikat Pekerja adalah organisasi pekerja yang bersifat mandiri, demokratis, bebas dan bertanggungjawab yang dibentuk dari, oleh dan untuk pekerja guna memperjuangkan hak dan kepentingan kaum pekerja-dan keluarganya.

Serikat Pekerja bersifat bebas, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab.

Kebebasan untuk masuk atau tidak masuk menjadi anggota Serikat Pekerja merupakan salah satu hak dasar pekerja. Seluruh pekerja diperusahaan berhak membentuk serikat pekerja secara bebas, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab untuk memperjuangkan kepentingan dan meningkatkan kesejahteraan bersama. Oleh karena itu para pekerja harus dilindungi dari tindakan diskriminatif dalam arti bahwa pembentukan serikat pekerja tidak didasarkan atas aliran politik, agama, suku bangsa dan jenis kelamin. Serikat pekerja dibentuk secara demokratis dan melalui musyawarah para pekerja adalah. bahwa pembentukan serikat pekerja diperusahaan diselenggarakan dengan bebas, mandiri dan tidak boleh dicampuri atau dipengaruhi oleh siapapun. Pada umumnya masalah-masalah yang dihadapi oleh serikat kerja antara lain seperti:

1. Upah : Para serikat kerja membutuhkan upah yang berstandard atau minimum agar     organisasi yang memperkerjakan mereka tidak semaunya dalam memberikan upah.

2. Waktu kerja : Para pekerja juga memiliki batasan waktu kerja yang berstandard,tidak terus-terusan dipaksa untuk bekerja.

3. Kondisi kerja : Kondisi lingkungan kerja yang aman dan nyaman sangat dibutuhkan oleh para serikat kerja.

 

SUMBER :

http://muhamadrizkiananda.blogspot.com/2010/11/pengaruh-pemerintah-untuk-mengatasi.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s