Pengaruh Pemerintah Untuk Mengatasi Kondisi Ekonomi Saat Ini

Pertumbuhan ekonomi dunia yang melambat belakangan ini ditambah kenaikan harga-harga komoditas penting, termasuk bahan pangan dan minyak bumi, tampaknya akan mengarah kepada terjadinya resesi ekonomi global.

Kondisi ini akan semakin menyulitkan pemerintah dalam mengatasi masalah kemiskinan di Indonesia yang masih tergolong tinggi.

Dilihat kenyataannya, kondisi ekonomi negara kita sangat memprihatinkan. Dan pemerintah perlu menangani kondisi ekonomi yang banyak membuat rakyat-rakyat miskin menjadi tambah miskin, dan rakyat-rakyat kaya menjadi lebih kaya dan bergelimangan oleh harta. Bagaimana tidak!! rakyat miskin susah untuk mencari pekerjaan. Alhasil mereka sulit untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Yang mana mereka harus makan untuk bertahan hidup.

Sekarang pun Minyak tanah yang merupakan bahan bakar utama bagi rakyat kecil untuk memasak semakin langka. Kalaupun ada, harganya kerap sudah melambung tinggi.
Kondisi-kondisi ini lagi yang menyebabkan masyarakat miskin dan masyarakat berpendapatan tetap dan rendah semakin terimpit persoalan-persoalan ekonomi yang membuat mereka semakin tidak berdaya dan akhirnya mengambil jalan pintas.

Banyak pula  anak-anak  yang mengalami busung lapar yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Meski hal  ini mungkin pernah terjadi sebelumnya, paling tidak peristiwa-peristiwa ini sekali lagi membuka mata kita lebar-lebar bahwa kemiskinan bukan hanya data di atas kertas, melainkan sudah merupakan fakta yang mengkhawatirkan.

Selain itu kenaikan harga-harga komoditas pangan pokok tadi  yang disebabkan tingginya permintaan dunia dan gagal panen mengakibatkan perubahan iklim global yang tidak kondusif.
Itulah beberapa fakta yang tampak dari kondisi ekonomi negara kita saat ini. Memang sangat memprihatinkan. Dan seharusnya pemerintah melirik mereka, rakyat-rakyat miskin yang kelaparan dan sengsara, untuk memberikan kesejahteraan serta kemakmuran bagi mereka. Tidak hanya janji yang mereka kobar-kobarkan dalam pemilu untuk mendapat simpati rakyat. Namun bukti yang membuat rakyat tidak menyesal memilih mereka sebagai anggota pemerintahan dan membawa negara indonesia dan rakyat-rakyatnya menjadi maju.

Tidak hanya ekonomi, begitu juga pendidikan bagi rakyat-rakyat kecil dan tidak mampu. Seharusnya pemerintah perlu membuat perencanaan anggaran negara yang pro kepada rakyat miskin dengan menetapkan prioritas dan alokasi anggaran yang khusus digunakan untuk peningkatan kualitas kesejahteraan kaum miskin.
Termasuk juga anggaran untuk program-program pemberdayaan kaum miskin dan memperluas kesempatan kerja dan berusaha.

Sudah saatnya kita tidak lagi berpolemik soal angka kemiskinan karena fakta tragis sudah ada di depan mata. Tindakan ekstra cepat harus dilakukan pemerintah selaku pemegang amanat rakyat. paling tidak, mampu mencegah terulangnya kejadian-kejadian kelaparan, bahkan kematian, sebagai dampak dari kemiskinan.
masyarakat pun hendaknya juga peduli dengan lingkungan sekitar agar dapat membantu upaya-upaya pemerintah mengatasi masalah kemiskinan dan kelaparan ini.

Lihatlah!! Sudah saatnya kita bangkit dari kemiskinan yang tak kunjung akhir ini!!

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s